Sabtu, 31 Desember 2016

Teknik Menggendong Bayi yang Baru Lahir Dengan Tepat dan Aman

Saat bayi yang baru lahir sudah sehat dan dibawah ke rumah, sang ibu dan ayah harus bisa menggendongnya dengan tepat. Jika tidak, mungkin terjadi kesalahan pada otot bayi atau gangguan lainnya. Menggendong bayi juga mesti dilakukan dengan benar berdasarkan usia dan tahap perkembangan bayi. Dengan begitu, baik ayah atau ibu dapat menggendong bayi mereka secara aman demi menjaga kesehatan tulang belakangnya. 
foto:fimela.com

Apabila Anda sebagai seorang ibu atau ayah belum pernah belajar atau belum tahu sama sekali tentang teknik menggendong bayi yang baru lahir, sebaiknya simak ulasan kamu berikut ini!
Pada usia 0-3 bulan

Saat usai ini tulang punggung bayi yang baru lahir masih lemah dan perlu disangga dengan baik. Ketika si kecil berbering terlentang, maka sangga dan angkat leher serta kepalanya menggunakan satu tangan. Kemudian, topang dan angkat punggung serta pantatnya menggunakan tangan satunya lagi secara perlahan dan hati-hati. Lalu, posisikan tangan Anda supaya leher dan kepala bayi ada pada lipatan siku di satu tangan. Topang punggung dan pantat bayi menggunakan tangan lainnya.  

Pada umur ini bayi juga dapat digendong menghadap ke belakang dengan posisi kepala berada di atas bahu ibu atau ayah yang menggendong. Pastikan Anda menopang leher beserta kepalanya menggunakan satu tangan, sedang tangan lainnya digunakan untuk menopang pantat beserta punggungnya. Jika Anda menggendong bayi yang baru lahir menggunakan alat bantu kain gendongan atau yang lain, selalu cek posisi bayi Anda. Pastikan punggungnya tersangga oleh kain gendongan dan kepala disangga dengan tangan Anda. 

Umur 4-6 bulan
Pada rentang usia ini, umumnya si bayi sudah mulai tertarik melihat sekitarnya, sehingga dia mudah bosa apabila digendong dengan posisi terlentang. Oleh karena itu, mulailah menggendong bayi yang baru lahir dalam posisi bervariasi. Diantaranya seperti menghadapp ke depan atau ke belakang. Atau juga mendudukkan bayi pada pangkuan, tapi pastikan kepala tersangga oleh tubuh Anda. 

Usia 6 bulan ke atas
Ketika bayu yang baru lahir telah berusia 6 bulan, tulang punggungnya sudah cukup kuat untuk menyangga tubuhnya. Jadi, Anda tidak selalu menyangga leher dan punggungnya. Namun, demi keamanan dan keslamatan ketika menggendong bayi yang baru lahir, sebaiknya posisikan tangan agar tetap menopang pinggang dan pantatnya.


EmoticonEmoticon