Jumat, 20 Oktober 2017

Jeruk Nipis, Buah Kecil Tapi Kaya Manfaat


Manfaat kesehatan dari jeruk nipis adalah dapat menurunkan berat badan, perawatan kulit, perawatan mata, perbaikan pencernaan, gangguan pernapasan, gangguan kencing, mengilangkan sembelit, pengobatan kudis, asam urat, masalah gusi dan masih banyak lagi. Jeruk nipis mempunyai nama ilmiah Citrus Aurantifolia, telah dikenal dengan khasiat obatnya dan penggunaannya dalam pengobatan berbagai penyakit selama berabad-abad. 

Karena rasanya yang unik, buah jeruk nipis banyak dikonsumsi di seluruh dunia dan dapat dimanfaatkan untuk kuliner dan non kuliner. Jeruk ini juga digunakan sebagai kandungan produk kosmetik dan kesehatan. Baik dari kulit maupun air perasannya, jeruk nipis kaya akan manfaat bagi tubuh. Minyak esensial jeruk nipis pun dimanfaatkan sebagai aromaterapi dan parfum.

foto:pondokibu.com
 Jeruk Nipis adalah buah yang terdiri dari air yang merupakan sumber vitamin C bagus. Selain itu, juga kaya akan serat makanan dan mineral seperti kalsium, besi, potassium, tembaga, magnesium, dan fosfor. Hal terbaik tentang buah jeruk ini adalah bahwa memiliki sedikit kalori, karbohidrat, dan nol lemak. Kulit jeruk nipis dan bulirnya juga kaya akan berbagai fitokimia seperti polifenol dan terpen.

Buah Jeruk nipis dapat melakukan banyak hal untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Jika ditambahkan dalam minuman apapun, akan menambah semangat kesegarannya. Selain bisa membersihkan tubuh atau mendetoksifikasi juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat jeruk nipis yang belum banyak diketahui adalah penggunaannya untuk obat penyakit kudis yakni suatu penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin C. 

Penyakit ini ditandai dengan seringnya mengalami infeksi yang menunjukkan gejala seperti flu biasa, bibir retak dan sudut bibir, bisul di lidah dan di mulut, gus bengkak dan berdarah. Selain ampuh menyembuhkan kudis, air jeruk nipis dapat membantu meremajakan kulit dan melindunginya dari infeksi. Bahkan mampu membantu mengurangi bau badan karena adanya kadar vitamin C dan flavonoid yang tinggi di dalamnya. 

Baik air jeruk nipis dan minyak esensialnya mengandung antioksidan tinggi dan memiliki sifat antibiotik dan disinfektan. Bila dioleskan secara eksternal ke kulit, asamnya mengeluarkan sel-sel mati dan menyembuhkan ketombe, ruam, dan memar. Jeruk nipis pun dapat menciptakan pengalaman mandi yang menyegarkan jika air perasannya atau minyaknya dicampur di bak mandi Anda.

Sedangkan khasiatnya untuk pencernaan, jeruk nipis memiliki aroma tak tertahankan yang menyebabkan mulut berair dan ini sebenarnya membantu pencernaan primer. Keasaman alami dalam jeruk nipis akan memecah molekul makro dari makanan. Senyawa Flavonoid yang ditemukan dalam minyak wangi dari jeruk nipis dipercaya mampu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan dan empedu.


EmoticonEmoticon