Jumat, 22 Desember 2017

Khasiat Jahe Merah Untuk Kesehatan

foto:jahemerah.org
Apakah Anda pernah meminum teh jahe panas? Minuman ini terbuat dari jahe mentah yang merupakan ramuan dan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jahe sudah dikenal dari dulu oleh orang-orang china sebagai tanaman ramuan yang ampuh dan memiliki berbagai manfaat. Rimpang jahe merah berukuran kecil dengan balutan kulit berwarna merah dan menyimpan serat lebih banyak dibanding jahe biasa. Jahe merah mudah tumbuh di tempat yang terbuka ataupun tempat yang agak ternaung, seperti pekarangan dan kebun. Selain itu juga bisa tumbuh di tanah kering atau gembur, dengan ketinggian mencapai 900 meter diatas permukaan laut. Dalam penggunaannya sebagai obat, jahe merah sering dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya. Jahe merah memiliki manfaat yang lebih besar dibanding jenis jahe lainnya. Lantas, manfaat apa saja yang akan kita dapatkan dari herbal jahe merah tersebut?
Hampir sama dengan jahe, konsumsi jahe merah sering bermanfaat untuk menunjang kesehatan. Bagian yang dimanfaatkan bagian dari jahe merah adalah rimpang atau umbi. Minyak atsiri yang terkandung di dalam jahe merah sering digunakan sebagai bahan baku parfum. Manfaat jahe merah, yang paling umum adalah untuk menghangatkan tubuh, mengatasi perut kembung, menumpahkan keringat, mengobati sakit tenggorokan, dan meredakan nyeri otot. Bahkan banyak ilmuan percaya bahwa jahe merah bersifat imunostimulan. Hal ini sangat membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mereka yang mengonsumsi jahe merah mengaku merasa bugar setelah mengkonsumsinya secara teratur. Efek pemanasan minyak esensial juga bisa membantu mengatasi sesak napas bagi penderita asma. Meski begitu, minum teh jahe merah harus dibatasi karena jahe bisa mengiritasi perut.
Senyawa aktif yang di kandung herbal jahe merah memiliki efek antiangiogenesis yang berarti menghambat aliran darah ke tumor atau sel kanker. Ini akan memperlambat pertumbuhan atau bahkan membunuh sel kanker. Ramuan jahe ini juga bermanfaat sebagai antioksidan yang sangat efektif untuk membantu menetralkan efek radikal bebas yang memicu kanker. Bahkan salah satu penelitian di Amerika menunjukkan jika rutin mengonsumsi minuman atau makanan yang berbahan dasar jahe bisa mencegah penyakit kanker koloretal atau usus besar.


EmoticonEmoticon