Jumat, 16 Maret 2018

Resep Telur Ayam Orak-arik yummi

telur ayam foto:cookpad.com
Resep telur ayam orak-arik bisa menjadi andalan saat pagi hari. Dimana, saat itu anda sibuk menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga. Mengingat sarapan itu penting, pastinya anda tidak ingin sia-sia saat menyajikan sarapan. Oleh karena itu, anda harus bisa mengkreasikan makanan. Waktu pagi tidak ada kesempatan untuk berbelanja lebih lama, jadi gunakan bahan-bahan yang tersedia di kulkas.
Walau hanya ada telur, anda harus bisa membuat telur tersebut menjadi makanan yang menggugah selera. Sehingga, anak-anak dan suami anda mau sarapan di rumah. Telur adalah bahan yang mudah ditemukan, pastinya banyak ibu rumah tangga yang selalu menyediakannya di rumah. Anda bisa mencoba resep telur ayam orak-arik yang mantap, lezat dan disukai anak-anak. Masakan ini juga cocok dijadikan bekal. Berikut bahan-bahan dan panduannya!
Bahan-bahan :
·         5 butir telur
·         Irisan ayam yang sudah matang dipotong dadu secukupnya (optional)
·         2 kentang potong dadu
·         2 cabai hijau potong dadu
·         2 batang daun bawang, dipotong-potong
·         ½ bawang merah besar dipotong dadu
·         ¾ cangkir keju cheddar parut
·         2 sdm air
·         2 sdm mentega
·         1 sendok makan minyak zaitun
·         Garam dan merica secukupnya
·         Ambil wajan anti lengket atau teflon anda. Tambahkan mentega, lalu panaskan diatas kompor dengan api sedang.
·         Tambahkan kentang dan taburi dengan garam dan merica, masak sampai coklat sekitar 5-8 menit.
·         Tambahkan cabai hijau, bawang merah dan daun bawang. Taburi dengan garam dan merica masak 5 menit.
·         Sementara itu, kocok telur dan air bersama.
·         Masukkan ayam lalu ke telur dan aduk sampai berbaur.
·         Tuangkan adonan telur dan ayam ke wajan. Orak-arik, tambahkan keju di atasnya dan taburi dengan garam dan merica secukupnya.
·         Tutup wajan dan biarkan matang. Cek kematangan. Jika keju sudah meleleh dan aromanya terasa lezat. Angkat dan sajikan.
Jika anda tidak suka terlalu lezat, bisa tidak menggunakan kejunya. Potongan ayam hanya pilihan saja, kalau sedang tidak ada tidak digunakan juga tidak apa-apa. Kalau soal bumbu seperti garam dan merica, aplikasikan sesuai selera anda dan keluarga. Cabainya juga begitu, bila untuk anak-anak lebih baik kurangi, tapi kalau untuk anda yang suka pedas bisa ditambahkan.
Cukup mudah bukan membuat resep telur ayam orak-arik. Sekarang, tidak perlu bingung lagi kalau hanya ada telur untuk sarapan. Anda sudah bisa mengkreasikannya menjadi makanan lezat bergizi.


EmoticonEmoticon