Rabu, 18 Juli 2018

Tips Mengganti Air dalam Tangki Air Cooler


Air cooler yang bekerja dengan memanfaatkan air dingin pada tangki tentu perlu kita cermati. Pasalnya tangki air cooler yang memiliki kapasitas terbatas mengharuskan Anda selalu memantau keadaan airnya. Bila memang tangki pada air sedang kosong maka Anda harus segera mengganti atau menambah air dinginnya. Mengapa harus diganti atau ditambah? Sebab bila air di tangki dibiarkan kosong sedangkan perangkat air cooler dalam keadaan menyala maka hal ini akan membuat tangki panas dan akan merusak perangkat air cooler tersebut. Maka dari itu kesiapsediaan Anda untuk selalu mengganti air dingin dalam tangki menjadi syarat utama bagi siapapun yang ingin perangkat air cooler-nya awet dan tahan lama. Tapi bagaimana cara mengganti air dingin dalam tangki air cooler yang benar? Berikut ulasannya.

1.    Matikan Air Cooler Ketika Tangki Kosong
Tips pertama untuk mengganti air dingin dalam tangki pada perangkat air cooler adalah dengan mematikannya. Jadi ketika Anda mendapati air pada tangki yang sudah berkurang dan akan habis maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah mematikan air cooler. Mematikan air cooler sendiri bukan tanpa tujuan. Sebab, dengan mematikan air cooler saat air pada tangki kosong membuat Anda bisa menjaga keawetannya. Sebaliknya bila Anda tidak mematikan air coller, hal ini akan membuat perangkat menjadi sangat panas dan cepat rusak. Jadi waspadalah terhadap kondisi air cooler yang menyala dengan kondisi air dalam tangki yang kosong.

2.    Jangan Lupa Bersihkan Tangki
Jangan hanya mengganti air saja ketika mendapati tangki kosong. Jadi setelah mematikan air cooler dan membuang sisa airnya, maka sebelum mengganti dengan air baru, cobalah untuk membersihkan tangki terlebih dahulu. Tangki air cooler memang bisa saja kotor seiring penggunaan. Jadi bersihkan saja tangki menggunakan kain yang bersih dan kering secara perlahan. Setelah tangki dibersihkan maka Anda bisa langsung mengisi air dingin agar perangkat bisa bekerja lagi.

3.    Gunakan Air Bersih dan Ganti Air Bila Terlihat Kotor Walau Masih Penuh
Berikutnya, tips mengganti air dingin pada tangki adalah dengan menggantinya dengan air yang bersih. Air yang akan digunakan pada tangki memang haruslah air yang bersih. Sebab bila Anda menggunakan air kotor maka bisa membuat udara yang dikeluarkan juga tidak bersih dan tidak sehat. Jadi begitu pentingnya keadaaan air pada tangki membuat Anda harus selalu menjaga kebersihannya. Bila Anda memang mendapati bahwa ternyata air dalam tangki kotor maka mau tak mau Anda harus membuangnya meskipun masih penuh. Setelah membuang air yang kotor maka pastikan untuk mengisi tangki dengan air yang bersih. 

4.    Rutinlah Mengecek Air Dingin Pada Tangki
Terakhir, tips untuk mengganti air pada perangkat air cooler adalah dengan rutin mengecek air pada tangki. Keadaan air pada tangki yang berbatas jumlahnya memang membuat Anda harus selalu mengecek kondisinya. Jangan sampai kelewatan dan membiarkan air pada tangki habis. Untuk menghindari lupa mengisi air pada tangki, Anda bisa membuat alarm sebagai peringatan agar mengganti air. Nah ketika alarm berbunyi maka Anda harus bersiap untuk mengganti air dingin pada tangki.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam mengganti air dalam tangki pada perangkat air cooler. Untuk Anda yang ingin perangkat air cooler awet dan tahan lama maka pastikan Anda untuk selalu rutin mengganti dan membersihkan air dalam tangki. Untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang pengertian dan apa itu air cooler, silahkan di cek artikelnya ya gan! Salam!


EmoticonEmoticon