Minggu, 21 Juli 2019

Apa Itu SOP? Ada Ga SOP untuk PNS?


Apa itu SOP? Nah untuk Anda yang sering mendengar SOP dan belum begitu faham tentang SOP, yuk ikuti ulasan ini. Iya SOP mungkin merupakan perangkat yang sering Anda dengar ketika Anda akan bekerja dalam sebuah pekerjaan atau sebuah instansi. SOP sendiri merupakan singkatan dari Standar operasional prosedur, yaitu sebuah dokumen yang pada umumnya memuat tentang informasi serta berbagai langkah-langkah tentang bagaimana pekerjaan tersebut harus diselesaikan mulai dari tahap awal sampai dengan tahap akhir.
Ada beberapa pendapat tentang apa itu SOP, menurut Insani (2010) Standar operasional prosedur merupakan dokumen yang berisi serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai pos penyelenggaraan administrasi perkantoran yang berisi cara melakukan pekerjaan, waktu pelaksanaan, tempat penyelenggaraan, dan aktor yang berperan dalam kegiatan. Sedangkan menurut Sailendra (2015) Standar operasional prosedur adalah panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan berjalan dengan lancar. Jadi dapat disimpulkan bahwa SOP adalah sebuah dokumen yang di dalamnya berisi tentang langkah-langkah pelaksanaan sebuah pekerjaan.
SOP pada umumnya dibuat dengan tahapan-tahapan khusus dan juga pengerjaan dengan ketelitian yang tinggi untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Sebab apabila sampai terjadinya kesalahan, maka akan berakibat fatal dan dapat mengakibatkan munculnya kerugian pada perusahaan. Nah dalam membuat SOP tentunya ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan, tahapan-tahapan tersebut diantaranya sebagai berikut:
1.    Tahapan persiapan
Ketika membuat SOP dengan skala besar di sebuah perusahaan atau lembaga, tentunya membutuhkan sebuah tim yang berasal dari setiap unit kerja di berbagai level untuk meminimalisir terjadinya kesalahan koordinasi. Sedangkan untuk skala yang lebih kecil, tentunya pembuatan SOP dapat dikerjakan oleh tim kecil dengan melakukan tahapan mulai dari identifikasi kebutuhan, pengumpulan data, analisis prosedur, dan juga melakukan pengembangan.
2.    Tahap penilaian kebutuhan
Dalam tahap ini, pembuat SOP dapat menentukan format SOP yang hendak diterapkan, berapa jumlahnya serta ruang lingkup SOP itu sendiri.
3.    Pengembangan SOP
Standar operasional prosedur dibuat untuk menciptakan standarisasi hasil dari sebuah pengerjaan. SOP menjadi sebuah standar yang nantinya dijadikan acuan dalam proses pelaksanaan kegiatan atau pekerjaan. Pembuatan SOP tidak harus sekali jadi, tentunya bisa jadi mengharuskan pembuat SOP untuk merevisinya berulang-ulang sampai nanti menjadi SOP yang reliabel, valid, dan juga dapat diterapkan dengan baik.
4.    Penerapan SOP
Dalam hal ini, tentu setiap petugas pelaksana harus diberi tau tentang SOP hasil pembuatan baru atau pengemban serta dengan alasan adanya perubahan-perubahan. Salinan SOP dapat disebarluaskan dan perusahaan juga harus memastikan bahwa semua pelaksana dari berbagai elemen harus mengetahui perannya dalam SOP.
5.    Monitoring dan evaluasi penerapan SOP AP
Setelah selesai dalam membuat SOP, maka SOP juga harus terus dipantau pelaksanaannya. Sebab kemungkinan nantinya akan ada masukan-masukan saat proses monitoring, dan masukan-masukan itulah yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dan juga penyempurnaan standar operasional yang akan dibuat selanjutnya.
Nah itu dia tahap-tahap pembuatan SOP. Dari situ tentunya kita akan semakin paham tentang apa itu SOP dan bagaimana itu SOP. Iya setiap perusahaan atau lembaga yang mana melibatkan banyak elemen yang bekerja di dalamnya, pasti akan membutuhkan SOP. Lalu apakah PNS juga ada SOP? Tentunya ada, namun jenis SOP dari PNS tentunya berbeda dengan SOP dari perusahaan tambang maupun perusahaan milik negara. Biasanya SOP untuk PNS meliputi perekrutan, subag kepegawaian, kenaikan pangkat, dan lain sebagainya.


EmoticonEmoticon